Minggu, 27 April 2014

Merangkak, Penting!

Di salah satu TV swasta, saya pernah menonton tayangan mengenai pentingnya merangkak untuk bayi. Ternyata penting sekali manfaat merangkak itu, selain dapat menguatkan leher, lengan,sendi dan otot besar&kecil, juga dapat menghaluskan ketrampilan motorik kasar dan halus, serta melatih keseimbangan dan merangsang kepekaan jarak jauh-dekat.

Gerakan berulang ulang saat merangkak merangsang dan mengembangkan sambungan jaringan syaraf otak,sehingga merangkak sangat berhubungan dengan kecerdasan.

Pernah ada ibu Muda bercerita ke saya karena bangga bayinya dari duduk langsung berdiri dan melewati (skip) fase merangkak dan dianggap progresif. Padahal, dari beberapa penelitian menunjukan akibat bayi skip merangkak -atau hanya merangkak sebentar karena cepat berjalan- mendapat nilai lebih rendah dalam uji kemampuan anak prasekolah. Tidak merangkak saat bayi juga dikaitkan dengan gangguan keseimbangan dan gangguan konsentrasi, dimana efeknya nanti ke depan adalah kesulitan belajar Dan kecerdasan yang tidak optimal.

Sebagai ibu, Saya berusaha untuk tidak melewati fase ini ke El, saat el sudah bisa duduk dengan kuat, saya mulai menstimulasinya untuk mulai merangkak dengan cara :

  • Sering menengkurapkan el untuk merangsang dia mengangkat kepala dan tubuhnya, lalu pelan-pelan bergerak dengan perut (cikal bakal merangkak)
  • Taruh mainan di depan el, saya coba mainkan supaya dia tertarik meraihnya, lalu dia menggeser posisi sedikit dengan perut dan terkadang malah mundur. 
  • Menyediakan mainan seperti bola, membuat el suka 'mengejar' nya

Awalnya el belum ada progres, dia hanya merayap, mengesot dan merangkak mundur, tapi lama kelamaan akhirnya di usia 9 bulan dia mulai bisa merangkak. salah satu aktivitas yang seru dan menyenangkan adalah saat saya ikut merangkak bersama dia dengan penuh semangat...hehehehe.

Wow, penting sekali ternyata merangkak buat bayi ya. Sebaiknya jangan buru buru menstimulasi bayi untuk bisa berdiri atau berjalan,ya!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar