Minggu, 27 April 2014

Rumah, Playgroup El

El saat ini berusia 2.5 tahun, di dekat rumah ada playgroup tetapi saya belum berniat menyekolahkannya karena saya merasa el belum membutuhkannya.

Saya membiarkan El seharian di rumah supaya bebas dan tenang melakukan aktivitas yang dia mau sesuai keinginannya tanpa dibatasi waktu, terkadang el asyik main sendiri, atau bersama teman tetangganya yang datang ke rumah.

Saya membiarkan el untuk berinisiatif dan berimajinasi dalam bermain, seperti akhir-akhir ini, el paling senang ke dapur, ambil Teflon kecil+jepitan gorengan+piring dan digunakan untuk 'menggoreng' misal balok kayu kubus dia anggap sebagai tahu, puzzle dianggap sebagai biskuit, dia akan selesai main itu sampai merasa bosan lalu langsung beralih ke mobil-mobilannya, keliling ruang tamu sampai ke teras, masuk lagi ke dalam rumah, main bola, silat sampai akhirnya berenti karena kecapean, hehehe

El juga dapat mengeksplor segala sesuatu yang dia ingin lakukan tanpa harus di 'drive' oleh orang lain. Yang terpenting buat saya adalah memberikan mainan yang edukatif, yang membuat motorik kasar dan halusnya semakin terasah sehingga menstimulasinya menjadi lebih mudah. Saya sangat terbantu dengan adanya online shop saat ini yang banyak sekali menyediakan mainan edukatif tanpa harus belanja ke luar rumah :).

Dengan El diberikan fasilitas mainan yang saya pilihkan dan menitipkan ke pengasuh dan nenek kakeknya untuk ajak el bermain, membuat saya merasa lebih aman saat saya berangkat untuk bekerja. Insyaallah selama ada yang menjaga anak dengan aman di rumah dan mampu menstimulasi dengan baik, maka El saat ini tidak harus masuk playgroup sampai dia merasa siap di usia 4 tahun nanti.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar